Wednesday, February 20, 2013

Menghitung Biaya Perjalanan Ibadah Haji Anda

Ibadah haji
Menghitung Biaya Haji Anda
Menghitung Biaya Haji Anda – artikel berikut membahas bagaimana menghitung biaya ibadah haji.

Biaya Haji Saat iniBiaya ibadah haji saat ini untuk haji reguler sekitar 32 juta rupiah, sedangkan haji plus antara 60-70 juta rupiah, bergantung dari kantor penyelenggara haji Anda. Kita fokuskan untuk haji reguler terlebih dahulu. Bagaimana Anda memenuhi tabungan sebesar 32 juta rupiah, atau minimal 25.5 juta rupiah, agar Anda bisa mendaftar di Siskohat Departemen Agama. Maksudnya Anda sudah bisa mendapatkan nomor porsi/tahun kira-kira kapan perjalanan ibadah haji Anda akan dilaksanakan. Saat ini, Jakarta dan sekitarnya, jika Anda mendaftar sekarnag, keberangkatan haji Anda adalah  8-10 tahun yang akan datang. Makanya, segeralah mendaftar, sehingga saat usia Anda masih muda, dan masih kuat fisik kita, kita sudah bisa pergi haji. Aamiin.

MenabungCara termudah untuk bisa mendaftar tentu adalah dengan menabung. Anda menabung, memiliki sejumlah 25.5 juta rupiah (500 ribu adalah dana minimum di rekening tabungan haji), kemudian segera didaftarkan ke system computer haji departemen agama. Mudah. Hanya memang untuk menabung, perlu disesuaikan dengan pendapatan dan pengeluaran Anda per bulan. Jika pendapatan Anda besar, tentu tidak masalah, tentu jika pengeluaran Anda lebih kecil dari pendapatan Anda.
Sebagai ilustrasi, untuk tabungan sejumlah 1 juta rupiah perbulan, kurang lebih Anda membutuhkan 2-3 tahun untuk mendapatkan 25 juta rupiah. Jika lebih kecil, tentu lebih lama lagi. Dan pastinya masa keberangkatan Anda juga akan molor lagi. Tidak masalah bukan. Selama Anda masih kuat.
Dari hasil diskusi dengan kawan-kawan, bahwa ibadah haji adalah ibadah fisik. Ibadah yang memerlukan tenaga. Untuk itu, persiapkan kondisi fisik Anda. Lebih mudah dan nyaman bukan, jika Anda bisa berangkat haji di usia muda. Segeralah mendaftar, agar keberangkatan Anda juga bisa lebih cepat.

Talangan HajiAnda juga bisa memanfaatkan dana talangan haji. Detail talangan haji bisa dilihat disini. Secara umum, dana ini adalah dana tambahan agar Anda bisa segera mendapatkan kuota (porsi), agar Anda bisa segera berangkat haji.

Investasi EmasSelain menabung, perlu juga salah satu investasi ini. Yaitu investasi dalam bentuk emas/logam mulia (LM). Harga logam mulia secara garis besar mengalami peningkatan (trend naik). Pada kesempatan lain akan kita bahas tentang emas sebagai alat simpanan untuk keperluan-keperluan di masa datang, termasuk perjalanan ibadah haji.

Menghitung Biaya Haji AndaBerikut adalah ilustrasi biaya perjalanan ibadah haji Anda
-    Biaya awal (pendaftaran)     Rp. 25.000.000,-
-    Tabungan haji            Rp.      500.000,-
Jika biaya saat perjalanan saat ini adalah Rp. 32.000.000,- kekurangan sekitar 7 juta rupiah. Jika Anda berangkat 10 tahun lagi, dengan asumsi inflasi 10% per tahun, maka untuk 10 tahun kurang lebih Anda butuh 18 juta untuk melunasi perjalanan ibadah haji Anda.

Demikian, semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment